Penyebab Penyakit Malaria

Satu penyakit yang disebabkan oleh sporozoa genus plasmodium dan penyebab penyakit malaria ini ditularkan oleh nyamuk spesies Anopheles. Penyakit ini ditandai dengan demam yang sering berkala (periodic) dengan berbagai derajat, kurang darah (anemia), limpa membesar, serta dengan berbagai kelompok gejala (sindroma) karena gangguan pada hati, otak dan ginjal. Salah satu publikasi memukakan  penyakit malaria menjadi masalah di 100 negara di dunia, menimpa lebih dari 2 juta penduduk. Diperkirakan dalam setahun malaria menyerang 300 juta penduduk, 90% dari jumlah ini di Negara tropis di Afrika.

Angka kematian karena karena penyebab penyakit malaria diperkirakan sekitar 1 juta setahunnya, terutama penderita berusia anak0anaka. Malaria menyerang daerah pedesaan dimana fasilitas kesehatan kurang memadai dan transportasi masih sukar.

Golongan yang beresiko tertular malaria, antara lain :

  • -Ibu hamil
  • Pelancong yang tidak memiliki kekebalan terhadap malaria
  • Pengungsi
  • Pekerja yang berpindah ke tempat yang endemis

Penyakit malaria salah satu penyakit parasit yang tersebar luas di seluruh dunia meskipun umumnya terdapat di daerah berlokasi antara 60 derajat lintang utara- 40 derajat lintang selatan. Tetapi distribusi plasmodium biasanya tidak merata.  Penyebab penyakit malaria ini bisa terjadi bila memenuhi kondisi ;

  1. Ada nyamuk anopheles yang sesuai
  2. Ada penduduk yang peka
  3. Ada penduduk yang tidak mempunyai kekebalan terhadap malaria
  4. Kondisi lingkungan, su8hu 18-29 derajat celcius dan ketinggian <2.000 m diatas permukaan laut.

Masa inkubasi biasanya 10-14 hari dengan variasi 9-30 hari. Penyebaran penyakit malaria belakangan ini sudah berubah berkat keberhasilan kampanye pemberantasan malaria oleh Badan Kesehatan Dunia.  Infeksi plasmodium falcipanom pada orang yang daya tahannya lemah sering bisa fatal, sedangkan infeksi oleh Plasmodium lain (vivax, ovale, dan malaria) jarang menimbulkan sakit serius dan jarang mematikan. Yang klasik pada malaria adalah timbul demam yang sering berkala (periodic) disertai sakit kepala, mual, dan muntah. Selain itu, badan terasa capai, nyeri otot-otot, sedikit diare.

Gejala dan keluhan ini bisa membingungkan dengan penyakit flu dan penyakit Gastroentritis. Pada yang berat, teradi kegagalan fungsi organ-organ hingga kesadaran penderita terganggu sampai  kejang-kejang, koma, dan meninggal.

Obat malaria yang paling terkenal adalah kinina. Umumnya, dipakai sebagai kinina sulfat atau kinina hidroklorida, sedangkan untuk anak-anak  digunakan garamnya yang tidak pahit, yaitu kinina karbonat (Euchinin) dan kinina tannat.  Kinina adalah suatu alkaloid yang bersama-sama dengan quinidin diambil dari kulit pohon Quinchona.  Kinina mempunyai sifat antipiretik yang mempunyai aktivitas khusus terhadap demam malaria karena dapat mematikan trophozoit. Perbedaan kimia dengan obat-obat antipiretik lainnya ialah bahwa kinina dapat menurunkan kecepatan pertukaran zat dari sel-sel sehingga produksi kalor berkurang.


=====================================

>>> Obat Alami, Tradisional & Herbal Malaria, Untuk Membantu Pengobatan Penyakit Malaria, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Malaria and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>