Penyakit Malaria

Penyakit Malaria adalah penyakit disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus plasmodium dan mudah dikenali dari gejala panas dingin menggigil dan demam berkepanjangan. Malaria tidak di tularkan secara kontak langsung dari satu manusia ke manusia lainnya melainkan telah terinfeksi parasit malaria. Pada saat nyamuk Anopheles betina menggigit akan memasukkan air liurnya yang mengandung parasit ke dalam peredaran darah manusia. Selanjutnya parasit masuk ke dalam sel-sel hati, lalu sekitar 1 hingga 2 minggu setelah di gigit, parasit kembali masuk ke dalam darah.

Penyakit Malaria

Penyakit Malaria

Penyakit Malaria

Parasit selanjutnya menyerang sel darah merah dan mulai memakan hemoglobin, bagian darah yang membawa oksigen. Pecahnya sel darah merah yang terinfeksi plasmodium ini dapat menyebabkan timbulnya gejala demam disertai menggigil.

Karena banyak sel darah merah yang pecah, maka menyebabkan anemia.

Penyakit malaria memiliki 4 jenis, dan masing-masing disebabkan oleh spesies parasit yang berbeda, yaitu :

  1. Malaria Tertian
    Penyebab : Plasmodium vivax
    Gejala demam dapat terjadi setiap dua hari sekali setelah gejala pertama terjadi atau terjadi selama 2 minggu setelah terinfeksi.
  1. Malaria Tropika
    Penyebab : Plasmodium falcipatrum
    Plasmodium falcipatrum sering menghalangi jalan darah ke otak, menyebabkan koma, mengigau, dan kematian.
  1. Malaria Kuartana
    Penyebab : Plasmodium Malariae
    Memiliki masa inkubasi lebih lama daripada penyakit malaria tertiana atau tropika. Gejala pertama biasanya tidak terjadi antara 18 sampai 40 hari setelah infeksi terjadi.
    Gejala tersebut kemudian akan terulang kembali setiap 3 hari.
  1. Malaria
    Penyebab : Plasmodium ovale
    Pada masa inkubasi malaria , protozoa tumbuh didalam sel hati; beberapa hari sebelum gejala pertama terjadi, organisme tersebut menyerang dan menghancurkan sel darah merah sejalan dengan perkembangan mereka, sehingga menyebabkan penyakit malaria. Kemudian nyamuk ini menyalurkan parasit yang ada di dalam tubuhnya masuk ke dalam tubuh manusia lewat dari gigitan disaat dia sedang menghosap darah manusia untuk bisa memberikan makan untuk telur-telurnya. Nyamuk ini pastilah sudah mengalami infeksi yang berasal dari manusia yang sebelumnya sudah mengalami infeksi, dalam dalam waktu kurang dari 1 menit, parasit ini kemudian akan masuk ke dalam darah manusia dan masuk ke dalam tubuh nyamuk. Kemudian jika nyamuk sudah terinfeksi menggigit manusia yang dalam keadaan sehat, maka kemungkinan manusia akan tertular.

Penularan Penyakit Malaria

Cara penularan penyakit malaria dari manusia ke manusia yang lain adalah :

  1. Lewat transplantasi organ yang berasal dari pengidap penyakit malaria. Untuk itulah, orang yang akan melakukan transplantasi organ harus mengecek kesehatannya dengan benar-benar.
  2. Pemakaian dari jarum suntuk yang dilakukan dengan bergantian
  3. Lewat donor darah atau transfusi darah
  4. Dari ibu hamil yang menderita penyakit malaria yang kemungkinan juga akan menularkan penyakit malaria pada bayi yang sedang dikandungnya. Dan kasus seperti ini juga disebut juga dengan istilah penyakit malaria turunan atau penyakit bawaan lahir.

Gejala Malaria

Untuk gejala penyakit malaria, biasanya ditandai dengan terjadinya mengigil, demam, sakit kepala, mual, muntah, penyakit diare, dan juga nyeri sendi serta terasa pegal-pegal pada tubuh. Dan gejala malaria yang ringan akan terbagi menjadi 3 stadium yakni adalah :

  1. Stadium dingin
    Untuk stadium dingin, maka penderita baisanya akan merasakan gejala seperti dingin dan juga menggigil yang luar biasa, selain itu denyut nadi yang akan terasa lebih cepat namun akan terjadi dengan lemah. Selain itu, bibir dan jari yang akan terlihat berwarna kebiruan,
  2. Stadium demam
    Untuk fase stadium ini maka penderita biasanya akan merasakan panas, muka yang kemerahan, kulit yang agak kering, muntah dan juga sakit kepala. Suhu tubuh biasanya bisa mencapai sekitar 40 derajat celcius dan bahkan lebih. Terkadang para penderita juga akan mengalami kekejangan. Gejala seperti ini biasanya akan berlangsung paling tidak selama 2-4 jam lebih.
  3. Stadium berkeringat
    Pada stadium berkeringat biasanya penderita penyakit malaria akan merasakan tubuhnya selalu berkeringat. Suhu tubuh yang terjadi biasanya dibawah rata-rata sehingga akan mengakibatkan suhu tubuh berubah menjadi dingin. Karena sering merasakan berkeringat, maka biasanya penderita juga sering merasa haus dan keadaan tubuh mereka yang lemah.

Sedangkan untuk gejala penyakit malaria yang berat, maka biasanya gejala yang muncul adalah :

  1. Pingsan atau hilangnya kesadaran
  2. Sering mengigau
  3. Bicara dengan kata-kata yang salah dan tidak bisa terkontrol dengan baik
  4. Mengalami kekejangan
  5. Dehidrasi
  6. Sesak nafas atau bernapas dengan cepat

Cara mencegah penyakit malaria yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari diri dari serangan nyamuk dengan menjaga kebersihan diri atau juga menjaga kebersihan sekitar Anda agar nyamuk tidak melakukan perkembang biakan. Jika Anda sedang melakukan suatu kunjungan pada daerah yang terkenal sebagai tempat endemis penyakit malaria, maka sebaiknya minumlah obat malari Klorokuin yang berfungsi dalam melakukan pencegah agar parasit tidak masuk ke dalam tubuh kita.

Cara Mengobati Malaria

Cara mengobati penyakit malaria adalah :

  1. Modern
    Lakukan pemeriksaan ke dokter. Dan dokter biasanya akan menganjurkan Anda untuk menjauhi daerah yang terpencil dan juga sangat jauh dari penyebab malaria.
  2. Tradisional
    Cara mengobati penyakit malaria secara tradisional adalah dengan menggunakan daun pepaya. Caranya adalah ambil beberapa daun pepaya kemudian airnya direbus 3 kali sehari. Lakukanlah cara ini dengan teratur paling tidak dilakukan setiap hari dan yakin bahwa Anda akan sembuh.

Penyakit Malaria


=====================================

>>> Obat Alami, Tradisional & Herbal Malaria, Untuk Membantu Pengobatan Penyakit Malaria, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Malaria and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.