Penyakit-Malaria

Malaria adalah penyakit disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus plasmodium dan mudah dikenali dari gejala panas dingin menggigil dan demam berkepanjangan. Malaria tidak di tularkan secara kontak langsung dari satu manusia ke manusia lainnya melainkan telah terinfeksi parasit malaria. Pada saat nyamuk Anopheles betina menggigit akan memasukkan air liurnya yang mengandung parasit ke dalam peredaran darah manusia. Selanjutnya parasit masuk ke dalam sel-sel hati, lalu sekitar 1 hingga 2 minggu setelah di gigit, parasit kembali masuk ke dalam darah.

Parasit selanjutnya menyerang sel darah merah dan mulai memakan hemoglobin, bagian darah yang membawa oksigen. Pecahnya sel darah merah yang terinfeksi plasmodium ini dapat menyebabkan timbulnya gejala demam disertai menggigil.

Karena banyak sel darah merah yang pecah, maka menyebabkan anemia.

Penyakit malaria memiliki 4 jenis, dan masing-masing disebabkan oleh spesies parasit yang berbeda, yaitu :

1. Malaria Tertian

Penyebab : Plasmodium vivax
Gejala demam dapat terjadi setiap dua hari sekali setelah gejala pertama terjadi atau terjadi selama 2 minggu setelah terinfeksi.

2. Malaria Tropika

Penyebab : Plasmodium falcipatrum
Plasmodium falcipatrum sering menghalangi jalan darah ke otak, menyebabkan koma, mengigau, dan kematian.

3. Malaria Kuartana

Penyebab : Plasmodium Malariae
Memiliki masa inkubasi lebih lama daripada penyakit malaria tertiana atau tropika. Gejala pertama biasanya tidak terjadi antara 18 sampai 40 hari setelah infeksi terjadi.
Gejala tersebut kemudian akan terulang kembali setiap 3 hari.

4. Malaria

Penyebab : Plasmodium ovale
Pada masa inkubasi malaria , protozoa tumbuh didalam sel hati; beberapa hari sebelum gejala pertama terjadi, organisme tersebut menyerang dan menghancurkan sel darah merah sejalan dengan perkembangan mereka, sehingga menyebabkan demam.


=====================================

>>> Obat Alami, Tradisional & Herbal Malaria, Untuk Membantu Pengobatan Penyakit Malaria, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Malaria and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>