Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Malaria

Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit MalariaPenyakit Malaria menempati posisi keenam dalam daftar penyebab kematian akibat penyakit menular di Indonesia. Dari Annual Parasite Insidence (API) tahun 2006 sebesar 3,0/1000 jiwa. Hanya saja, seiring dengan langkah dan upayanya, berdasarkan API Indonesia  sukses menurunkan angka tersebut menjadi 1,96/1000 pada tahun 2010 dan kembali turun ke 1.75/1000 pada tahun 2011.

Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Malaria

Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Malaria

Penyakit Malaria

Malaria adalah penyakit lama yang bisa disembuhkan dan tak terlampau rumit ataupun kompleks penanganannya. Namun diperlukan tiga perhatian, yakni bagaimana mengupayakan agar pemberantasan malaria menjadi gerakan masyarakat sehingga bisa mengubah gaya hidup dan bisa mengurangi resiko penularan, lalu terdapat keinginan kuat untuk terus menerus menggalang advokasi pemberantasan malaria, serta target sasaran definitif yang jelas baik komunitas dan waktu.

Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Malaria

Ada 5 cara dalam Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Malaria, antara lain diagnosis dini dan pengobatan yang tepat, pengendalian vektor, peningkatan surveillance, pemberdayaan masyarakat dan penggalangan kemitraan.

Namun, dalam menegaskan Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Malaria, pelaksanaan malaria di berbagai daerah harus dilaksanakan secara intensif dan komprehensif  dengan melibatkan berbagai sektor dalam masyarakat. Malaria adalah penyakit yang bisa disembuhkan dan tak sulit penanganannya asalkan Indonesia memiliki tekad kuat untuk menanganinnya secara keseluruhan.

Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Malaria di Indonesia lebih diutamakan pemberantasan malaria untuk anak-anak dan ibu hamil sehingga generasi muda terhindar dari penyakit ini.  Sampai tahun 1993, chloroquine masih meruppakan obat terbaik untuk mencegah maupun mengobati malaria. Walaupun sekarang banyak ditemukan resistensi terhadap chloroquine di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Biasanya dipakai Quinine sebagai obat pilihan utama di resisten malaria, atau obati cerebral malaria.

Obat malaria baru mefloquine dan fransidar dipakai untuk mencegah dan obat malaria  yang reseisten terhadap chlorquine. Proguanil dikombinaskan dengan chloroquine unutk usaha prevnetif malaria. Primaquine kadang-kadang dipakai untuk mencegah kekambuhan penyakit sesudah diobati dengan obat malaria lain. Tetracylin sekarang kadang-kadang digunakan untuk pencegahan dan pengobatan malaria. Penyakit lainnya yang diakibatkan nyamuk adalah kaki gajah serta demam berdarah.

Pemberantasan penyakit malaria dilakukan dengan 4 fase, yakni adalah :

  1. Fase persiapan : Fase ini biasanya dilakukan dengan pengenalan pada wilayah, penyediaan tenaga, bahan, alat serta kendaraan yang disiapkan.
  2. Fase penyerangan : Fase ini dilakukan dengan teknik penyemprotan rumah dengan menggunakan insektisida yang memiliki efek dari residual yang disertai dengan PCD dan juga ACD.
  3. Fase konsplidasi : Fase ini baisanya dimulai jika Annual Parasite Insidence yang terjadi kurang dari 1%. Kegiatan yang paling penting adalah misalnya PCD dan juga ACD. Fase ini biasanya akan berakhir selama 3 tahun dengan berturut-turut tidak ditemukan lagi adanya kasus penyakit malaria indigenous.
  4. Fase pemeliharaan atau maintenance. Fase ini biasanya akan berjalan dengan beberapa tahun untuk bisa mempertahankan hasil yang bisa dicapai sampai bisa dinyatakan terbebas penyakit malaria oleh tim WHO setelah memenuhi beberapa syarat antara lain adalah berfungsinya suatu jaringan dari pelayanan kesehatan secara primer.

Sedangkan  untuk pelaksanaan dari program pemberantasan penyakit malaria biasanya membutuhkan suatu organisasi sendiri yang disebut dengan sebutan KOPEM (Komando Operasi Pembasmiam Malaria) yang bisa memiliki unit sampai desa.

Pencegahan Malaria

Cara pencegahan yang dilakukan pada penyakit malaria adalah :

  1. Mengindari serta mengurangi terjadinya kontak atau gigitan pada nyamuk Anopheles, dengan menggunakan kelambu, penjaringan rumah, repelen, dan obat nyamuk.
  2. Membunuh nyamuk dewasa dengan cara menyemprotkan insektisida
  3. Membunuh dan menghilangkan jentik sebagai salah satu kegiatan dari antilarva baik yang dilakukan secara kimiawi atau larvisida maupun secara biologik seperti ikan tumbuhan, bakteri serta jamur.
  4. Mengurangi tempat perindukan dari nyamuk.
  5. Pemberian jenis obat-obatan tertentu dalam melakukan pencegahan.
  6. Vaksinasi atau didalam suatu tajap risep dari clinical trial.

Selain itu, peran serta dari pengelola kesehatan yang dilakukan pada setiap tingkat juga harus mengatur strategi ini di tingkat lokal, dan selain itu juga para petugas kesehatan juga perlu mendapatkan pemahaman tambahan untuk bisa menghadapi penyakit malaria dengan lebih efektif.

Di negara kita sendiri usaha dan upaya untuk melakukan pembasmian penyakit malaria masih belum terbilang optimal karena mengalami beberapa hambatan, misalnya adalah seperti tempat perindukan nyamuk malaria yang masih tersebar secara luas, dan selain itu juga penderita yang mengalami kasus banyak, serta keterbatasan dari sumber daya manusia, infrastruktur serta biaya. Oleh sebab  itulah, usaha yang biasanya kemungkinan dilakukan adalah denan teknik pencegagan dan melakukan pemberanjtasan pada penularan parasit.

Dan juga beberapa usaha yang bisa dilakukan adalah :

  1. Menghindari gigitan nyamuk malaria
    Hal ini dilakukan dengan memakai baju lengan panjang dan celana lengan panjang saat keluar rumah di sore hari sampai malam hari.
  2. Membunuh jentik dan nyamuk malaria dewasa
    Hal ini dilakukan dengan beberapa tindakan seperti penyemprotan rumah, lavardicing, Biological control
  3. Mengurangi tempat perindukan nyamuk malaria
    Hal ini dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Untuk tambak ikan yang kurang dipelihara dan kurang dijaga dengan baik maka sebaiknya bersihkanlah, parit-parit yang ada di sepanjang pantai akibat bekas galian yang berisi dengan air payau maka harus segera di tutup, persawahan dengan menggunakan saluran irigasi, airnya juga harus dipastikan bisa mengalir dengan lancar.

Pemberantasan dan Pengobatan Penyakit Malaria


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Malaria dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Malaria and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *