Masalah Penyakit Malaria

Masalah penyakit malaria merupakan penyakit endemis yang menyerang Negara-negara dengan penduduk yang padat. Batas penyebaran malaria adalah 64 Lintang Utara (Rusia) dan 32 Lintang Selatan (Argentina). Ketinggian yang memungkinkan parasit malaria hidup adalah 400 m dibawah permukaan laut (loaut mati) dan 2.600 meter diatas permukaan laut (Bollivia). Plasmodium vovax mempunyai distribysi geografis yang luas, mulai dari daerah yang beriklim dingin, subtropics, sampai ke daerah tropis. Plasmodium falciparum terutama menyebabkan malaria di benua Afrika dan daerah tropis lainnya.  Di Indonesia malaria dapat terjadngkit didaera dengan ketinggian sampai 1.800 m diatas permukaan laut. Spesies yang paling banyak dijumpai adalah plasmodium falciparum dan plasmodium vivax. Plasmodium malariae dijumpai di Indonesia bagian timur, sedangkan plasmodium ovales pernah ditemukan di Papua dan Nusa tenggara Timur. Secara umum, setiap orang dapat terinfeksii, tetapi ada beberapa orang yang memiliki kekebalan terhadap parasit malaria, baik yang bersifat bawaan/alamiah maupun didapat.

Masalah Penyakit Malaria

Masalah Penyakit Malaria

Penyakit Malaria

Orang yang paling beresiko terinfeksi  masalah penyakit malaria adalah anak  balita, wanita hamil, serta penduduk non imun, yang mengunjungi daerah endemis malaria, seperti para pengungsi, transmigran, dan wisatawan. Penyakit malaria ditularkan melalui dua cara, yaitu alamiah dan nonalamiah. Penularan secara alamiah adalah melalui gigitan nyamuk anopheles yang mengandung parasir malaria dan nonalamiah jika bukan melalui gigitan nyamuk anopehels. Berikut beberapa penularan malaria secara non alamiah.

Masalah penyakit malaria masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di Indonesia. Di daerah transmigrasi dan daerah lain yang didatangi penduduk baru dari daerah non-endemik, sering terjadi letusan atau wabah yang menimbulkan banyak kematian. Lebih dari setengah penduduk Indonesia masih hidup di daerah dimana terjadi penularan malaria, sehingga berisiko tertular malaria.

Penyebab Malaria

Masalah Penyakit Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh protozoa obligat intraseluler yang hidup intra sel dari genus plasmodium. Penularan malaria dilakukan dilakukan oleh nyamuk betina dari tribus Anopheles. Adanya malaria di masyarakat dan dalam keluarga dapat dibedakan sebagai endemic atau epiendemik. Penggolongan lain adalah stable dan unstable malaria Macdonald. Malaria disuatu daerah dikatakan endemic bila insidensnya menetap untuk waktu yang lama.

Kelambu merupakan alat yang telah digunakan sejak dahulu kala. Sesuai persyaratan Depkes (1983) kelambu yang baik yaitu memiliki jumlah lubang per cm antara 6 – 8 dengan diameter 1,2 – 1,5 mm. Ada dua jenis kelambu yang sering digunakan masyarakat yaitu kelambu yang tidak menggunakan insektisida dan kelambu yang dicelup dengan insektisida.

Obat Malaria

Obat malaria yang paling terkenal adalah kinina. Umumnya dipakai sebagai kinina sulfat atau kinina hidrokloridam, sedangkan untuk anak-anak digunakan garamnya yang tidak pahit, yaitu kinina karbonat (Euchinin) dan kinina tannat.

Gejala Malaria

Gejala penyakit malaria yang muncul bisa terlihat dalam hitungan hari. Terkadang juga akan terlihat dalam hitungan bulan serta hitungan tahun. Hal inilah yang penting untuk Anda dalam menginformasikan mengenai riwayat dari perjalanan kesehatan Anda kepada dokter yang melakukan pemeriksaan disaat Anda saat merasakan gejala-gejala penyakit malaria seperti misalnya penyakit flu, dan bahkan sampai terjadi satu tahun terakhir semenjak dari kunjungan perjalanan pertama yang dilakukan pada daerah yang mempunyai potensi penyakit malaria yang tinggi.

Gejala awal yang muncul dari penyakit malaria adalah :

  1. Sakit flu
  2. Sakit kepala
  3. Badan terasa sakit atau malaise
  4. Merasa kelelahan dan kurang sehat.
  5. Menggigil
  6. Demam
  7. Berkeringat
  8. Letih
  9. Mual
  10. Muntah
  11. Penyakit diare
  12. Dan mata kuning.

Jika penyakit malaria tidak segera mendapatkan pertolongan, maka akan menyebabkan suatu hal yang menjadi semakin fatal karena akan menimbulkan penyakit anemia, terjadinya kekejangan, gangguan mental, gagal ginjal, mengalami koma atau bahkan menyebabkan kematian untuk kasus yag fatal. Dibandingkan dengan penduduk lokal, pendatang di daerah yang berpotensi penyakit malaria biasnaya lebih rentan dan beresiko tinggi mengalami suatu komplikasi pada penyakit malaria.

Pengobatan yang dilakukan pada penderita penyakit malaria adalah dilakukan dengan sesegera mungkin, maka penyakit malaria bisa dengan mudah disembuhkan. Untuk jenis kasus yang berat atau juga berpotensi besar menjadi semakin parah, maka penderita juga perlu mendapatkan tindakan rawat inap dirumah sakit. Namun untuk kasus penyakit malaria yang ringan, biasanya bisa ditangani dengan melakukan rawat jalan.

Pencegahan Malaria

Tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit malaria adalah pencegahan ABCD :

  1. A : Awasilah semua hal yang beresiko tinggi pada terjadinya penyakit malaria, dan sadarilah masa inkubasi atau gejala yang paling utama.
  2. Hindarilah terkena gigitan dari nyamuk dan paling utama saat sore hari datang serta B : Bersihkanlah daerah yang menjadi sarang tempat tinggal nyamuk.
  3. Obat malaria yang digunakan adalah jenis obat C : Chemoprophylaxis untuk membantu menjaga tingkat dari infeksi yang terjadi lebih lanjut.
  4. Segera mendapatkan D : Diagnosis dan juga pengobatan yang tepat dari tim medis jika Nada mengalami demam yang terjadi selama 1 minggu setelah Anda datang ke daerah yang berpotensi penyakit malaria, sekitar 3-12 bulan setelah keberangkatan Anada dilakukan.

Itulah informasi mengenai penyakit malaria, gejala malaria dan juga pengobatan penyakit malaria. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Masalah Penyakit Malaria


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Malaria dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Malaria and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *