Malaria

Perkataan malaria berasal dari bahasa Italia (mala = jelek, aria = udara), jadi dahulu orang menduga bahwa penyakit malaria disebabkan oleh udara yang kotor. Dalam penelitian yang lebih modern ternyata penyakit malaria disebabkan oleh parasit bersel tunggal yang disebut protozoa dan dipindahkan ke dalam tubuh manusia melalui nyamuk anopheles.

Malaria adalah penyakit infeksi yang paling luas penyebarannya di dunia dan diperkirakan 1/3 penduduk di dunia terkena penyakit ifeksi ini sehingga mempunyai pengaruh sosial.

Gambar : Nyamuk Anopheles yang merupakan nyamuk penyebar penyakit malaria

Penelitian yang dijalankan menjelang dan selama perang dunia II menunjukkan bahwa obat-obat yang dapat menanggulanginya dengan baik ialah obat-obat sintesis. 20 tahun kemudian ternyata setelah obat-obat sintesis ini dapat dibuat dan sangat manjur, manfaat obat-obat sintesis tersebut menurun karena penyakit malaria tersebut menjadi sangat resisten sehingga akhirnya orang kembali memakai obat kuno yakni kina.

Dan juga faktor penyebab yaitu nyamuk sendiri telah menjadi resisten terhadap insektisida DDT, walaupun dahulu sangat ampuh. Karena itu penelitian di bidang ini sekarang masih dilaksanakan dan belum berhasil didapatkan imunisasi terhadap malaria.

Dahulu pemberantasan penyakit malaria di Indonesia dilakukan oleh Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPM) yang mempunyai tugas utama yaitu membasmi pembawa penyakit malaria yaitu nyamuk anopheles. Dinas ini sekarang termasuk P3M (Pencegahan Pembasmian Penyakit Menular).


=====================================

>>> Obat Alami, Tradisional & Herbal Malaria, Untuk Membantu Pengobatan Penyakit Malaria, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Malaria and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>